Sabtu, 16 Agustus 2014

Desa Panggungharjo Juara 1 Lomba Desa Nasional 2014



Desa Panggungharjo Juara 1 Lomba Desa Nasional 2014
Setelah melaksanakan pemaparan kemajuan yang telah dicapai di depan Tim Penilai Akhir Tingkat Nasional di Ruang Rapat Ditjen PMD Lt.2, Jl Raya Pasar Minggu 19 Jaksel pada Hari Selasa 12 Agustus 2014.
Pada tahun 2014 ini, Desa Panggungharjo bersaing ketat dengan 5 Desa lainnya, yaitu : Desa Pandai Sikek, X Koto, Tanah Datar, Sumbar. Desa Padang Balua, Seko, Luwu Utara, Sulsel. Desa Embalut, Tenggarong  Seberang, Kutai Kartanegara, Kaltim. Desa Maria, Wawo, Bima, NTB. Desa Langung, Meureubo, Aceh Barat,  Aceh.
Berkat Rahmat dan Ridho Allah SWT, serta kerja keras dan doa seluruh warga, Syukur Alhamdulillah hari ini Sabtu 16 Agustus 2014 Jam 20.30 WIB : Desa Panggungharjo  berhasil meraih Juara 1 Lomba Desa Nasional dan berhak atas Piala Adikarya Bhakti Praja 2014. Semoga bermanfaat dan senantiasa mampu membawa amanat, amin.


Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menganugerahi 12 desa dan kelurahan dalam rangka Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2014 di Jakarta, Sabtu (16/8/2014) malam. Selain mendapatkan pengharagaan Adikarya Bhakti Praja, enam desa dan enam kelurahan di seluruh wilayah Tanah Air itu juga mendapatkan dana stimultan untuk pembangunan desa.
Perlombaan desa dan kelurahan adalah upaya pemberdayaan untuk pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada masyarakat. Penilaian terhadap desa dan kelurahan dilakukan dalam kurun waktu dua tahun terakhir, melalui mekanisme penilaian secara berjenjang. Perlombaan ini dilaksanakan dengan cara membandingkan data potensi yang dimiliki suatu desa dan pengembangannya selama dua tahun terakhir, yakni sejak awal 2012 hingga akhir 2013, Indikator penilaian yang digunakan oleh tim penilai adalah terkait bagaimana desa tersebut mengelola fasilitas, sarana dan prasana di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga pada masyarakat desa. Selain itu, untuk penilaian tingkat nasional ditambah dengan indikator penguatan pembangunan desa, inisiatif dan kreativitas daerah serta tingkat kepatuhan terhadap penyelenggara pemerintahan.
Berikut adalah desa dan kelurahan pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2014:
Pemenang Lomba Desa :

  1. Juara I: Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul (Yogyakarta)
  2. Juara II: Desa Padang Balua, Kecamatan Seko, Luwu Utara (Sulsel)
  3. Juara III: Desa Pandai Sikek, Kecamatan Kali Koto, Tanah Datar (Sumbar)
  4. Harapan I: Desa Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kaltim)
  5. Harapan II: Desa Langung, Kecamatan Meurebo, Aceh Barat (Aceh)
  6. Harapan III: Desa Maria, Kecamatan Wawo, Bima (NTB)

Pemenang Lomba Kelurahan :

  1. Juara I: Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Malang (Jatim)
  2. Juara II: Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Surakarta (Jateng)
  3. Juara III: Kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Bintan (Kepri)
  4. Harapan I: Kelurahan Parittokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Pontianak (Kalbar)
  5. Harapan II: Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor (Jabar)
  6. Harapan III: Kelurahan Matawai, Kecamatan Kota Waingapu, Sumba Timur (NTT).
 
Kepada Desa dan/atau Daerah lain yang berminat "Studi Banding" untuk mempersiapkan Kejuaraan Lomba Desa di wilayah yang bersangkutan, silahkan kirim email ke : subagyaagus@yahoo.co.id





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar