Jumat, 04 Januari 2013

E S P – ELECTRICAL SUBMERSIBLE PUMP : DESIGN, OPERATION AND TROUBLESHOOTING


E S P – ELECTRICAL SUBMERSIBLE PUMP : DESIGN, OPERATION AND TROUBLESHOOTING
Electrical Submergible Pump (ESP) merupakan salah satu teknik Artificial Lift yang saat ini paling banyak dipergunakan untuk mengangkat fluda reservoir ke permukaan.  Dengan makin semakin sedikitnya persediaan gas di lapangan, maka kebutuhan pemasangan ESP pada sumur - sumur untuk menggantikan Gaslift system semakin meningkat, maka operation personel memerlukan pengetahuan yang jelas tentang aspek-aspek operasi, pemilihan dan troubleshooting ESP.
Pelatihan ini untuk memberi bekal kepada para peserta untuk dapat  meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan, perencanaan, dan kontrak ESP agar dapat melaksanakan tugasnya dengan secara maksimal dan efisien.

Outline :
1.    Dasar-dasar teknik produksi : Aliran produksi di dalam sumur, productivity index, kemampuan produksi sumur, bubble point pressure, formation volume factor, macam-macam reservoir, problem - problem produksi sumur.
2.    Aliran minyak dari sumur ke separator : Pengertian tentang head, pressure loss sepanjang aliran, hydraulic horse power, total dynamic head, back pressure dan system pressure.
3.    Tentang ESP : Macam-macam instalasi ESP, peralatan bawah tanah dan atas tanah, pump curve, type dan series motor, pompa, protector, konstruksi serta cara kerja peralatan , kekuatan dan jenis material.
4.    Design pompa : Produksi optimum yang diharapkan, Vogel’s curve, pemilihan peralatan bawah tanah dan atas tanah disesuaikan kondisi sumur, masa depan kondisi sumur dan pemilihan ESP nya.
5.    Pemasangan ESP disumur : Cara-cara pengecekan peralatan , running dan pulling procedure, cable splicing, problem-problem selama pemasangan, start procedure, testing procedure.
6.    Problem-problem operasi dan troubleshooting : Well problem, electrical problem, overload dan underload shutdown, interpretasi ammeter chart.
7.    Peralatan-peralatan penunjang (accessories) : Pressure Sensing imstrument atau pressure heat device, VSD, Sonolog, Y-tool, Shroud, packer.

Participants :
Production Engineer, Supervisor, dan staff/operator  bagian produksi, serta siapa saja yang ingin lebih memperdalam Desain dan Operasi ESP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar