Jumat, 04 Januari 2013

Horizontal Well Drilling Technology


Horizontal Well Drilling Technology

                 Pemboran merupakan langkah yang pertama dan penting dalam industri perminyakan. Sesuai dengan perkembangan teknologi, maka teknik pemboran mengalami perkembangan yang cukup pesat bila dibandingkan dengan pemboran yang pertama kali dilakukan. Saat ini pemboran telah dapat dioperasikan dalam berbagai cara, baik dengan pemboran vertikal, pemboran miring, sampai pemboran horisontal. Pemboran horisontal sebenarnya  merupakan pengembangan dari teknik pemboran miring. Di dalam pemboran horisontal, lubang bor diupayakan agar mempunyai panjang penembusan zona produktif yang lebih besar dan laju pertambahan sudut yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemboran miring
      Horisontal Drilling merupakan suatu teknik pemboran sumur untuk menembus formasi minyak/gas yang dilakukan karena alasan kondisi lapisan batuan reservoir, formasi reservoir, ataupun untuk efisiensi lahan pada eksploitasi lapangan minyak dengan system clustering. Horisontal drilling kadang kala juga diperlukan untuk kegiatan pemadaman sumur minyak yang mengalami blow out.
     Oleh karena itu pemahaman tentang dasar-dasar teknologi pemboran sumur miring sangat penting untuk dikuasai oleh setiap personal yang bertanggungjawab di bidang pemboran maupun produksi  minyak bumi.


Outline :

1.     History and Review of Horizontal Drilling Well Technology
2.     Benefits and Applications of Horizontal Wells
3.     Vertical Well Drillstring Design
4.     Horizontal Well Drill String Design
5.     Penggunaan Bottom Hole Assemby
6.     Tipe Pemboran Terarah
7.     Faktor-faktor yang Mempegaruhi Kemiringan dan Arah Lubang Bor (Faktor Formasi dan Mekanis)
8.     Build Curve Design
9.     Metoda Pengarahan dan Pengontrolan Terhadap Penyimpangan
10.  Alat-alat Survey dan Metoda Analisa Pemboran Terarah
11.  Lumpur Pemboran Pada Sumur Horisontal
12.  Penyemenan Sumur Horisontal
13.  Penyelesaian Sumur Horisontal



Participants :
Staff/ Operator dan Supervisor bagian Pemboran dan Produksi, serta  mereka yang ingin meningkatkan pengetahuan tentang  Sumur Horisontal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar