Kamis, 29 Oktober 2009

PELATIHAN ISO 9000

Pengantar ke ISO 9001:2008
Biaya
Rp5 juta per perusahaan (maks. 15 orang).

Uraian
International Organization for Standardization (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) atau ISO, merupakan lembaga swadaya masyarakat (Non-Governmental Organization) yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa.

ISO 9000 Series atau ISO Seri 9000 merupakan kumpulan standar sistem manajemen mutu yang dikeluarkan dan dipelihara oleh ISO/TC 176. Komite Teknik ISO 176 atau ISO Technical Committee 176 (ISO/TC 176) merupakan kelompok kerja yang dibentuk sejak tahun 1979 yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar-standar terkait dengan sistem manajemen mutu. ISO/TC 176 menetapkan siklus peninjauan ulang setiap 5 (lima) tahun, guna menjamin relevansinya terhadap perkembangan bisnis dan teknologi.

ISO telah menerbitkan edisi terbaru dari standar ISO 9001, yaitu ISO 9001:2008, Quality Management System-Requirements, pada tanggal 14 Nopember 2008.

Pada standar ini, secara umum tidak muncul adanya persyaratan baru dibandingkan versi sebelumnya. Revisi yang dilakukan adalah untuk mempertegas pernyataan-pernyataan dalam standar yang dianggap perlu untuk dijelaskan.

Secara luas, sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 yang diterapkan secara tepat pada suatu organisasi akan berakibat positif bagi bisnis dan pengembangannya karena meningkatkan pangsa pasar, pertumbuhan penjualan, daya saing dan dalam jangka panjang mencegah klaim pelanggan.

Agenda
08:45 Registrasi
09.00 Pendahuluan - Perkenalan
09.15 Sekilas ISO 9000
10.30 Coffee break
11.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 1-4
12.00 L u n c h
13.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 5
14.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 6
14.30 Coffee break
15.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 7
16.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 8
17.00 Selesai
Audit Mutu Internal
Biaya
Rp7 juta per perusahaan (maks. 15 orang).

Uraian
AUDIT merupakan proses yang sistematik, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sampai sejauh mana kriteria audit dipenuhi (SNI 19-9000-2001).

AUDIT INTERNAL dilaksanakan oleh, atau atas nama organisasi itu sendiri untuk kaji ulang manajemen. Disebut juga audit pihak pertama (SNI 19-19011-2005).

Audit mutu internal (AMI) merupakan salah satu prosedur yang diwajibkan dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2008. Kompetensi personil yang melaksanakan audit menjadi sangat penting bagi organisasi yang ingin atau telah menerapkan ISO 9001:2008.

Agenda
Hari I
08:45 Registrasi
09:00 Pendahuluan - Perkenalan
09:15 Sekilas ISO 9000
10:00 Coffee break
10:30 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008
11:30 Tes 1: pemahaman standar – bobot 20%
12:00 L u n c h
13:00 Sekilas Audit
14:00 Perencanaan Audit
15:00 Coffee break
15:30 Teamwork 1: Membuat daftar periksa
16:15 Tes 2: penulisan daftar periksa – bobot 20%
16:45 Selesai
Hari II
08:45 Registrasi
09:00 Pelaksanaan Audit
10:00 Coffee break
10:30 Pelaporan Audit
11:30 Teamwork 2: Membuat laporan audit
12:00 L u n c h
13:00 Tes 3: pelaporan audit – bobot 20%
13:30 Tindak Lanjut Audit
15:00 Coffee break
15:30 Penutup – Ringkasan
16:00 Tes 4: akhir – bobot 40%
16:45 Selesai
Dokumentasi SMM ISO 9001:2008
Biaya
Rp5 juta per perusahaan (maks. 15 orang).

Uraian
ISO 9001:2008 telah mengurangi persyaratan dokumentasi dibandingkan dalam versi sebelumnya. Ini berarti perusahaan menjadi lebih fleksibel dalam menetapkan dan mendokumentasikan sistem manajemen mutunya. Hal ini memungkinkan setiap perusahaan mengembangkan jumlah minimum dari dokumentasi yang dibutuhkan untuk menunjukkan efektivitas perencanaan, pengoperasian dan pengendalian proses-prosesnya. Perlu ditekankan lagi, bahwa ISO 9001:2008 mensyaratkan sistem manajemen mutu yang terdokumentasi, BUKAN SISTEM DOKUMENTASI.

Namun demikian, dalam prakteknya, penerapan dokumentasi sistem manajemen mutu pada banyak perusahaan masih mengacu pada konsep versi 1994, yaitu: “do what you wrote and write what you did”. Pada akhirnya, tumpukan dokumen dan rekaman menyulitkan pengendalian dokumen dalam perusahaan bersangkutan. Mulai versi 2000, ISO 9000 telah memfokuskan pada efektivitas dokumen dalam rangka perbaikan berkesinambungan dan pemenuhan harapan dan persyaratan pelanggan, peraturan dan perundang-undangan.

Agenda
08:45 Registrasi
09.00 Pendahuluan - Perkenalan
09.15 Persyaratan Dokumentasi
10.30 Coffee break
11.00 Prosedur Pengendalian Dokumen dan Rekaman
12.00 L u n c h
13.00 Menyusun Tier 1
14.00 Menyusun Tier 2
15.00 Coffee break
15.30 Menyusun Tier 3
16.30 Selesai
Perbaikan Berkesinambungan SMM ISO 9001:2008
Biaya
Rp5 juta per perusahaan (maks. 15 orang).

Uraian
Standar Internasional ini mengajukan adopsi pendekatan proses ketika mengembangkan, menerapkan, dan meningkatkan efektivitas suatu sistem manajemen mutu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memenuhi persyaratan pelanggan.

Agar sebuah perusahaan dapat berfungsi dengan efektif, ia harus dapat mengidentifikasi dan mengelola sejumlah kegiatan yang saling berhubungan. Suatu kegiatan yang memakai sumber daya, dan dikelola untuk memungkinkan transformasi masukan menjadi keluaran, dapat dianggap sebagai suatu proses. Seringkali keluaran dari suatu proses membentuk masukan untuk proses berikutnya.

Penggunaan suatu sistem proses dalam suatu perusahaan, bersama dengan identifikasi dan interaksi dari proses-proses yang ada, serta manajemennya, dapat dirujukkan sebagai pendekatan proses.

Keuntungan dari pendekatan proses adalah kontrol yang terus menerus yang diberikannya terhadap hubungan antara proses individual dalam sistem proses, dan juga terhadap kombinasi dan interaksinya.

Agenda
08:45 Registrasi
09.00 Pendahuluan - Perkenalan
09.15 Siklus PDCA
10.30 Coffee break
11.00 Metode Pemantauan dan Pengukuran
12.00 L u n c h
13.00 Media Perbaikan Berkesinambungan
14.30 Coffee break
15.00 Tindakan koreksi, korektif dan pencegahan
16.30 Selesai
Pemahaman ISO 9001:2008
Biaya
Rp7 juta per perusahaan (maks. 15 orang).

Uraian
Merupakan gabungan dari pelatihan-pelatihan berikut:
1. Pengantar ke ISO 9001:2008
2. Dokumentasi ISO 9001:2008
3. Perbaikan Berkesinambungan ISO 9001:2008

Agenda
Hari I
08:45 Registrasi
09.00 Pendahuluan - Perkenalan
09.15 Sekilas ISO 9000
10.30 Coffee break
11.00 Prinsip Dasar SMM ISO 9001:2008
11.30 Tes 1: pemahaman ISO – bobot 20%
12.00 L u n c h
13.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 1-4
14.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 5
14.30 Coffee break
15.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 5 – lanjutan
15.30 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 6
16.30 Selesai
Hari II
08:45 Registrasi
09.00 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 7
10.00 Coffee break
10.30 Tinjauan Persyaratan ISO 9001:2008, 8
11.30 Tes 2: pemahaman standar – bobot 30%
12.00 L u n c h
13.00 Persyaratan Dokumentasi
14.00 Perbaikan Berkesinambungan
15.00 Coffee break
15.30 Tes 3: akhir – bobot 50%
16.15 Selesai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar